Kamis 07 Jan 2016 07:10 WIB

Indonesia Mendidik, Upayakan Anak Indonesia Dapatkan Hak Pendidikan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri
Sekolah
Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para penggiat Gerakan Indonesia Mendidik menilai kebijakan pemerintah belum terlalu optimal.

Oleh sebab itu, seluruh komponen masyarakat termasuk para penggiat Gerakan Indonesia Mendidik harus saling bahu membahu mendukung percepatan pembangunan manusia.

"Salah satunya dari segi pendidikannya," kata Inisiator dan Direktur Eksekutif Indonesia Mendidik, Muhammad Yusuf Rabu (6/1).

Yusuf mengatakan, Indonesia Mendidik akan mencoba untuk melakukan berbagai upaya. Yang pertama, pihaknya akan memastikan anak-anak usia sekolah mendapatkan haknya untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas.

Upaya ini tidak hanya sekedar membuka akses seluas-luasnya, namun juga memastikan pendidikan yang berkualitas untuk semua.

Kemudian, Indonesia Mendidik juga mengupayakan peserta didik yang sudah di bangku sekolah dapat terdeteksi minat dan bakatnya. Sehingga, tambah dia, mereka dapat berkembang dengan optimal.

Pada poin selanjutnya, Indonesia Mendidik juga berupaya agar anak-anak Indonesia tumbuh dengan sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan layanan kesehatan yang mumpuni demi meningkatkan usia harapan hidup anak bangsa.

Yusuf juga menambahkan selain bergerak di jalur pendidikan formal, Indonesia Mendidik juga akan memberikan penguatan di jalur non-formal. Hal ini terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah mulai berlaku awal bulan ini.

"Dengan bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah daerah, kita akan memberikan pelatihan-pelatihan pada siswa-siswa yang mengarah pada penguatan kepemimpinan dan entrepreneurship," ujarnya.

Indonesia Mendidik merupakan salah satu gerakan atau wadah bagi anak-anak bangsa yang memiliki visi misi untuk melakukan perubahan.

Selain itu, tempat bagi mereka yang memiliki visi misi penanaman moral sejak dini bagi anak-anak peserta didik.

Yusuf mengungkapkan, gerakan tersebut diinisiasi oleh sekelompok anak-anak muda yang prihatin dengan kondisi riil dunia pendidikan di Indonesia yang belum layak.

Kegiatan tersebut juga bisa disebut sebagai simbol dimulainya gerakan mencerdaskan bangsa. Dalam gerakannya, Indonesia Mendidik berusa menumbuhkan kembali rasa nasionalisme yang menurutnya hampir pudar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement