Rabu 06 Jan 2016 14:47 WIB

Pangandaran akan Bangun RSUD Tahun Ini

Rep: Fuji E Permana/ Red: Dwi Murdaningsih
Pantai Pangandaran
Foto: PicnicHolic
Pantai Pangandaran

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Kabupaten Pangandaran yang baru saja terbentuk tiga tahun yang lalu belum mempunyai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Kini Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menyiapkan lahan untuk pembangunan RSUD Pangandaran.

Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran, Daud Achmad mengatakan, Pemkab Pangandaran merencanakan Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan RSUD Pangandaran selesai di awal tahun ini. Hal tersebut dilakukan seiring rencana percepatan pembangunan RSUD. Pemkab telah menyiapkan lokasi untuk pembangunan RSUD di kawasan Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

"Lahan yang disiapkan Pemkab di Desa Pananjung seluas 10 hektare, lahan seluas itu nanti akan dibagi dua untuk kantor pemerintahan dan untuk RSUD," kata Daud kepada Republika.co.id, Rabu (6/1)

Daud menjelaskan, pemkab pun sudah memperlihatkan rancangan pembangunan RSUD di lahan tersebut kepada Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Ia juga menegaskan, untuk lahan yang akan digunakan sebenarnya sudah siap. Saat ini sudah milik Pemkab Pangandaran.

Pembangunan RSUD Pangandaran, dikatakan Daud, akan dibantu oleh bantuan keuangan dari Pemprov Jabar. Ia berharap, lelang untuk DED bisa dimulai awal tahun ini dan berjalan bersamaan seiring dengan datangnya bantuan yang akan diberikan Pemprov Jabar.

"Awal tahun ini kami siapkan DED karena sampai sekarang DED belum ada," ujar Daud.

Daud mengungkapkan, artinya DED dilelang, kemudian DED dibuat. Dana turun dan langsung bisa memulai pembangunan RSUD tahun ini. Diperkirakan dalam waktu tujuh atau delapan bulan ke depan pembangunan RSUD dapat dimulai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement