Rabu 06 Jan 2016 11:20 WIB

Kerap Diburu, Empat Satwa Langka di Sulteng Nyaris Punah

Anoa
Foto: www.indonesianfauna.com
Anoa

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Empat satwa langka di Sulawesi Tengah terancam punah. Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Sudayatna, mengatakan, faktor terancam punahnya satwa tersebut lantaran terus diburu masyarakat untuk dikonsumsi dan diperdagangkan.

"Seperti anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) dan anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis), babirusa (Babyrousa babyrussa), tarsius (Tarsius tarsier dan Tarsius pumilus) serta burung maleo (Macrocephalon maleon)," katanya di Kota Palu, Rabu.

Ia mengatakan satwa-satwa tersebut populasinya semakin berkurang dan dikhawatirkan bisa punah jika terus diburu masyarakat. Terutama tiga jenis yaitu babirusa dan anoa karena hingga kini belum ada sistem penangkaran.

"Kita baru punya penangkaran burung maleo di Desa Saluki, Kabupaten Sigi," ucap dia.

Penangkaran burung maleo masih dilakukan secara semi-alami sehingga ke depan perlu dikembangkan melalui proses penangkaran inkubator.

Memang untuk penangkaran babirusa dan anoa tidak bisa dilakukan sama seperti maleo dengan membuat kandang-kandang pemeliharaan dan penetasan.

Yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kubangan-kubangan untuk tempat mandi babirusa dan anoa dalam rangka menyelamatkan dari ancaman kepunahan.

"Karena kita tahu bersama bahwa babirusa dan anoa sangat liar dan jangkauannya luas. Nanti kalau kita punya dana yang cukup akan membuat kubangan-kubangan agar mereka betah tinggal disitu," ujarnya.

Selain itu, juga akan menyediakan pakan-pakan yang dibutuhkan oleh kedua jenis satwa itu. "Itu yang bisa kita lakukan untuk mengamankan dan meningkatkan populasinya," tambahnya.

Selain itu, masyarakat yang ada di sekitar kawasan perlu terus diberikan pemahaman dan pencerahan agar mereka tidak lagi memburu satwa-satwa dilindungi.

Bukan hanya itu, juga bagaimana masyarakat ikut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan sebagai habitat hidup dan berkembangbiaknya berbagai jenis satwa yang ada di kawasan Taman Nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement