Senin 04 Jan 2016 16:20 WIB

Kasus HIV/AIDS di Sukabumi Menurun

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Statistik HIV AIDS di Indonesia
Statistik HIV AIDS di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kasus baru HIV/ADIS di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada 2015 mencapai 103 kasus. Jumlah ini menurun bila dibandingkan tahun sebelumnya yakni 122 kasus baru.

Pejabat Bupati Sukabumi sekaligus Ketua KPA Kabupaten Sukabumi Achadiat Supratman dalam forum pertemuan relawan peduli AIDS di Sekretariat KPA Sukabumi mengatakan, ke depannya KPA dan elemen peduli lainnya akan berupaya menekan laju pertumbuhan infeksi HIV. Ia menyebut, selama ini penyebaran HIV ditularkan melalui hubungan seks dan penggunaan narkoba suntik.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi Asep Suherman upaya pencegahan dan penanganan kasus HIV/AIDS akan terus digiatkan oleh KPA dan elemen terkait lainnya. Termasuk di antaranya dengan melakukan sosialisasi mengenai tes HIV atau disebut VCT.

"Pada momen hari AIDS tahun 2015 lalu kita melakukan tes HIV serentak di 20 titik," ujar Asep, Senin (4/1).

Tes tersebut diikuti sebanyak 1.466 orang dan memecahkan rekor museum rekor Indonesia (MURI). Lokasi pelaksanaan tes HIV berada di 18 puskesmas dan lokasi peringatan hari AIDS sedunia tingkat Sukabumi di Cikidang Resort pada 19 Desember 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement