Selasa 29 Dec 2015 22:38 WIB

Lampion yang Mengubah Kelamnya Kali Code

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Indah Wulandari
Kali Code
Kali Code

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Pemandangan tak biasa terlihat di gapura RT 18 RW 04, Ledokcode, Kelurahan Kobar, Kecamatan Gondokusuman.

Ratusan lampion menghiasi lorong pemukiman di pinggir Kali Code, Kota Yogyakarta itu. Warna-warni lampu hias juga menciptakan keindahan di tengah gelapnya malam.

Papan penunjuk jalan pun terpasang di beberapa pertigaan dan perempatan kampung. Festival Lampion Kali Code ini juga menarik perhatian banyak pengunjung dengan rangkaian acara, seperti sarasehan dan pertunjukan seni tradisional.

Ketua Panitia Festival Lampion Kali Code, Ganis Cintika Putri menuturkan, kegiatan yang berlangsung selama tanggal 28 sampai 31 Desember ini bertujuan untuk mengubah pandangan negatif tentang pemukiman di pinggir sungai.

"Kami ingin menunjukkan pada masyarakat lain bahwa kami bisa hidup sehat dan bersih. Di sini juga indah," kata Ganis, kemarin.

Selama beberapa tahun ini anak-anak di Ledokcode mendapatkan pendampingan dari Komunitas Cemara untuk memperindah pemukiman. Di antaranya dengan melukis dinding bangunan dan membuat kerajinan lampion.

Ketua RT 18 RW 04, Ledokcode, Sugeng menyampaikan, Festival Lampion di kampungnya merupakan salah satu cita-cita masyarakat yang terwujud.

"Kami juga senang sudah mendapat kesempatan untuk membuat acara sebesar ini," katanya. Ia berharap melalui acara tersebut, paradigma jelek masyarakat terhadap pemukiman di Kali Code bisa berubah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement