Selasa 29 Dec 2015 21:24 WIB

ESDM: Siapa Pun Bosnya, Freeport Harus Tetap Taat

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ilham
Presdir Freeport McMoran, James 'Jim Bob' Moffet
Foto: Bloomberg
Presdir Freeport McMoran, James 'Jim Bob' Moffet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot menegaskan tidak ada pengaruh apapun bagi pemerintah Indonesia atas mundurnya presiden direktur Freeport McMoran James R Moffet.

Bambang mengatakan, siapapun pimpinan McMoran, Freeport Indonesia harus tetap tunduk pada aturan yang ada.

"Siapapun, Freeport harus taat. Kita tidak bicara CEO-nya. Kita bicara corporate. Kita berurusan dengan Freeport. Dia mau gonta ganti silakan saja. Enggak ada masalah," kata Bambang, Selasa (29/12).

Terkait dengan batas waktu divestasi bagi Freeport Indonesia yang akan jatuh tempo pada 14 Januari 2016, mendatang, Bambang mengatakan bahwa pihak Freeport sudah berkomitmen untuk melaksanakannya.

Bambang juga mengatakan, pemerintah akan menunggu Freeport melakukan penawaran saham hingga pertengahan Januari mendatang. Langkah selanjutnya, pemerintah bersama Freeport akan melakukan negosiasi baru dan dilaporkan kepada Menteri Keuangan. (Pemerintah Diminta Berani Ambil Alih Freeport).

Nanti baru akan ditentukan siapa pihak yang berhak mengambil saham Freeport sebesar 10,64 persen. "Yang jelas, posisi kita ada Moffet atau tidak, sama saja," kata Bambang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement