Selasa 29 Dec 2015 20:40 WIB

Masyarakat Klojen Diimbau Tahun Baruan di Rumah

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tahun baru
Foto: Antara
Tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mengacu pada pengalaman-pengalaman sebelumnya. Saat menyambut perayaan Tahun Baru, masyarakat Kota Malang biasanya akan memadati jalan yang menjadi pusat keramaian.

Karena itu Polsek Klojen Kota Malang melakukan koordinasi untuk pengamanan di pusat kota tersebut, terlebih pada tahun baru kali ini akan ada acara car free night. "Pada malam Tahun Baru, akan ada car free night di Jalan Ijen. Kami sudah berkoordinasi untuk pengamanan di sana," ujar Kapolsek Klojen Kompol Teguh Priyo Wasono, Selasa (29/12).‎

Pada perayaan tahun baru sebelumnya, di wilayah Kecamatan Klojen, yang berada di pusat kota, menjadi sentral pertemuan ribuan warga masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun.

Karenanya, tambah Teguh, ada beberapa titik strategis kerumunan massa yang merayakan pergantian tahun, diantaranya, di Alun-alun Merdeka, Alun-alun Tugu, dan Jalan Ijen.

Teguh mengatakan untuk mengantisipasi sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban, jajaran Polsek Klojen, tetap akan melaksanakan patroli secara rutin selama 24 jam.

Potensi gangguan yang biasanya terjadi pada malam tahun baru adalah kemacetan. Teguh mengimbau kepada masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun, supaya memarkir kendaraan di tempat parkir, yang telah disediakan. "Akan lebih baik bila merayakan di rumah saja, atau di wilayah tinggalnya," katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang akan menggelar car free night pada malam perayaan Tahun Baru, Kamis (31/12). Menggandeng Polres Malang, Dishub Kota Malang berharap agar pada malam pergantian tahun dapat menimalisasi konvoi dan kebut-kebutan di jalanan.

“Lokasi car free night di sepanjang Jalan Ijen, dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB,” kata Kepala Dishub, Handi Priyanto.

Pada lokasi itu disemarakkan dengan panggung hiburan, tepatnya di depan Museum Brawijaya. Handi mengatakan biasanya kalau ada keramaian dan ada panggung hiburan, warga akan berhenti dan menonton.

"Sepanjang Jalan Ijen akan menjadi lokasi acara car free night dari pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB," kata Handi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement