Selasa 29 Dec 2015 06:36 WIB

Asal Usul Dipanggil Habib Selon

Rep: C30/ Red: Citra Listya Rini
Ratusan jamaah mengiringi pemakaman Habib Salim Alatas bin Umar Alatas alias Habib Selon di TPU Karet Bivak, Jakarta, Senin (28/12). (Republika/Wihdan)
Ratusan jamaah mengiringi pemakaman Habib Salim Alatas bin Umar Alatas alias Habib Selon di TPU Karet Bivak, Jakarta, Senin (28/12). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Habib Salim Alatas atau akrab disapa Habib Selon ini ternyata punya sejarah kenapa beliau dipanggil Habib Selon. Disampaikan oleh adik nomor tujuh yaitu Habib Ali bahwa Selon itu berarti ceplas ceplos.

"Orangnya ceplas-ceplos, enak aja kalau ngomong," kata Habib Ali ditemui di pemakaman TPU Karet Bivat, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (28/12).

Dikatakan oleh Habib Ali, bahwa kakaknya ini jika berbicara selalu ceplas ceplos kepada siapapun. Dia juga selalu memanggil setiap yang ditemuinya dengan "Ya ahli surga" dan dibarengi senyuman. "Senyumnya yang melekat itu yang masih membayang di benak saya," ujar Ali mengenang almarhum kakaknya.

Ali mengatakan, jika sepanjang hidup kakaknya, tidak pernah dia melihat kakaknya mengeluh, marah, atau berbuat sesuatu yang menyakiti orang lain. Di matanya, Habib Selon merupakan orang yang ramah dan tutur katanya lembut kepada siapapun.

Sejak kecil Habib Selon juga seorang kakak suri tauladan, selalu mengayomi, dan selalu mendahulukan kebahagiaan adik-adiknya. Dari bibirnya, tidak pernah terlepas kalimat dzikir, dan sepanjang hidupnya dia lakukan untuk berdakwah. "Kita cinta dia, semua cinta dia, tapi Allah lebih mencintai dia," kata Ali lagi.

Karena Allah mencintai dia, tambah Ali, maka Allah cepat-cepat memanggil Habib Selon lebih dulu. Habib Ali berharap, supaya kakaknya ini ditempatkan di sisi terbaik Allah dan meminta kepada para pelayat atau siapapun untuk memaafkan kesalahan yang mungkin pernah dilakukan oleh kakaknya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement