Selasa 29 Dec 2015 04:03 WIB

Pemprov Perbaiki 60 Km Akses Jalan ke Geopark Ciletuh

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Geopark Ciletuh
Foto: bumn.go.id
Geopark Ciletuh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan perbaikan akses jalan menuju Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi. Hal ini dilakukan agar kawasan tersebut bisa menggarap pasar wisata global.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Geopark Ciletuh butuh infrastruktur yang mumpuni agar layak diakui dunia internasional. Salah satunya, adalah akses jalan.

"Kalau mau masuk kelas internasional maka kualitas akses jalannya harus meningkat dan lebih lebar," ujar Heryawan kepada wartawan belum lama ini.

Pemprov, kata dia, akan melakukan perbaikan akses jalan ke Ciletuh. Namun sebelumnya akan dilakukan perubahan kepemilikan dan status jalan tersebut dari Kabupaten Sukabumi ke Provinsi.

"Akan jadi jalan Provinsi, sedang diproses perubahan statusnya," katanya.

Selain soal akses jalan, kata dia, pihaknya juga membeli lahan di kawasan Ciletuh. Ini dilakukan untuk menjaga kelestarian kawasan tersebut. Heryawan khawatir, Ciletuh mengalami kerusakan karena terdapat sejumlah lahan hutan yang gundul. Namun, pembelian lahan bukan perkara mudah terutama jika dimiliki oleh masyarakat atau swasta.

"Sudah ada gundul sehingga terjadi kerusakan biodiversity dan mengganggu keindahan. Kita beli untuk dihutankan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement