Senin 28 Dec 2015 19:18 WIB

Batu Akik Garut Jadi Suvenir untuk Atlet PON Jabar

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Liontin batu akik akan dijadikan suvenir khusus atlet yang meraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar. Batu Akik yang diberikan langsung dari perajin batu akik Garut, Jawa Barat.

"Sebagai tuan rumah PON, Jawa Barat harus menampilkan yang terbaik memberikan batu akik," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat Launching Batu PON XIX/2016 Jabar, Senin (28/12).

Aher menegaskan, suvenir batu akik itu sebagai upaya menunjukan keunikan dalam acara PON sekaligus melestarikan budaya, khususnya Garut yang sering dikenal masyarakat luas tentang batu pancawarnanya.

Batu akik yang disiapkan oleh Koperasi Lasminingrat Gamstone itu, kata Heryawan, diberikan khusus untuk atlet yang meraih juara 1, 2 dan 3 yang sudah didesain menarik versi koboi. "Semua juara akan diberi liontin yang sudah didesain menjadi versi koboi," katanya.

Ketua Koperasi Lasminingrat Gemstone, Yudi Nugraha mengatakan, peresmian tersebut sebagai tahapan awal untuk memberitahukan kepada publik bahwa nanti bagi atlet PON yang juara akan mendapatkan liontin batu akik dari Garut.

"Banyak masyarakat ingin mengetahui batu yang ingin digunakan untuk PON, di momen seperti ini kami tampilkan batu untuk dikenalkan kepada para juara," katanya.

Ia mengungkapkan, sebagai warga Garut bangga batu akik dari Garut dapat menjadi suvenir dalam kegiatan nasional itu. Ia berharap liontin dari bongkahan batu yang diambil di Kecamatan Bungbulang itu dapat dikenal luas secara nasional, dan mendorong perekonomian para perajin batunya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement