Sabtu 26 Dec 2015 20:32 WIB

Skenario Polisi Antisipasi Kemacetan Menuju Jakarta

Rep: C21/ Red: Nur Aini
Kemacetan panjang terjadi di Tol Dalam Kota arah Tol Cikampek, Kamis (24/12).  (Republika/Yasin Habibi)
Kemacetan panjang terjadi di Tol Dalam Kota arah Tol Cikampek, Kamis (24/12). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID,SEMANGGI -- Polri, TNI, Dishub, dan Jasamarga siap memantau arus balik dalam libur panjang Natal, Ahad (27/12) esok. Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal (Irjen) Tito Karnavian mengatakan kemungkinan arus balik dari luar Jakarta dari pukul 13.00 WIB sampai malam, Ahad (27/12). Sehingga pihaknya membuat dua shift jaga di sejumlah titik.

"Teknisnya kemacetan kemarin, karena banyaknya jumlah kendaraan overload maka ada pengalihan-pengaiihan," kata dia Sabtu (27/12).

Kepadatan lalu lintas diperkirakan berasal dari Bandung, Karawang, dan Bekasi. Tito mengatakan jika kendaraan menumpuk di Pintu Tol Cikarang Utama, pihaknya akan segera bekerja sama dengan anggota Jasamarga. Kedua, saat kepadatan tidak terhindari maka pihak kepolisian akan mengarahkannya ke Kedung Waringin, Bekasi.

"Sehingga masuk ke jalan alteri Karawang-Bekasi," tutur dia. Tito juga menerangkan kalau pihak kepolisian menempatkan personelnya di sepanjang jalan.

Kendaraan roda empat yang melalui Tol Cikampek, tercatat sekitar 105 ribu unit pada saat libur panjang, naik 18 persen dari hari biasa sekitar 75 ribu kendaraan.

Selain itu, polisi juga akan memberlakukan contra flow jika kepadatan terus terjadi di wilayah Cikampek. Menurutnya, sumber kemacetan di tol biasanya berasal dari pintu tol yakni saat pembayaran tarif.  Sehingga pintu-pintu keluar akan dijaga dan mengalirkan arus lalu lintasnya di traffic light seperti Pancoran, Kuningan, dan Semanggi.

"Nanti kita tempatkan petugas-petugas di sana. Bersama Jasamarga nanti kita tempatkan petugas -petugas," tutur dia.

Selain itu, polisi mengantisipasi arus kendaraan dari Merak, Tangerang, dan Kebon Jeruk. "Kemudian pintu-pintu ke dalam kota ke Tomang akan dijaga petugas agar cepat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement