Jumat 25 Dec 2015 14:25 WIB

Parkir Malioboro pada Tahun Baru Dialihkan

 Jalan Malioboro di Yogyakarta.
Foto: Antara/Noveradika
Jalan Malioboro di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Parkir kendaraan bermotor roda dua di Jalan Malioboro Yogyakarta sisi timur akan dialihkan untuk sementara ke Taman Parkir Abu Bakar Ali selama malam Tahun Baru 2016.

"Selama 1x24 jam terhitung 31 Desember 2015 pukul 06.00 WIB hingga 1 Januari 2016 pukul 06.00 WIB, parkir roda dua di Malioboro dialihkan ke Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA)," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh, Jumat (25/12).

Menurut dia, relokasi sementara parkir roda dua Malioboro ke ABA dilakukan untuk memberikan ruang yang lebih maksimal kepada pejalan kaki yang diperkirakan akan memenuhi Malioboro untuk merayakan malam pergantian tahun.

"Kami perkirakan, masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun di Malioboro akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Apalagi libur panjang tahun ini bersamaan dengan libur sekolah," katanya.

Pemindahan sementara lokasi parkir tersebut diyakini Syarif sebagai strategi baru yang diambil untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun.

"Tahun sebelumnya, kami hanya melakukan penutupan jalan saja tanpa memberikan alternatif parkir. Tetapi untuk tahun ini sudah ada tempat yang disiapkan," katanya.

Ia menambahkan, kebijakan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kepolisian Resor Kota Yogyakarta yang akan disosialisasikan lebih intensif kepada juru parkir dan pengguna parkir yang biasanya memanfaatkan parkir di Malioboro sisi timur.

"Selain wisatawan atau pengunjung toko, ada juga karyawan toko atau tempat usaha lain di sepanjang Malioboro yang memanfaatkan parkir di sisi timur. Harapannya, mereka bisa mengetahui kebijakan ini," katanya.

Sedangkan untuk tarif parkir yang akan diberlakukan di Taman Parkir Abu Bakar Ali adalah tarif parkir progresif yaitu Rp1.000 untuk satu jam pertama dan naik 50 persen pada tiap jam berikutnya. Tempat parkir bertingkat yang baru saja selesai dibangun tersebut mampu menampung sekitar 2.700 unit kendaraan roda dua

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement