Rabu 23 Dec 2015 22:25 WIB

Jawa Timur Raih Piala karena Berhasil Menata Kota dan Transportasi

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menhub Ignasius Jonan (tengah) menyerahkan penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama Kencana 2015 kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).  (Antara/Puspa Perwitasari)
Foto: Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menhub Ignasius Jonan (tengah) menyerahkan penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama Kencana 2015 kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12). (Antara/Puspa Perwitasari)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur meraih Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama Kencana karena keberhasilan mewujudkan sistem transportasi dan tata perkotaan yang tertib dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12).

"Penghargaan ini diberikan juga karena Pemprov Jatim meraih WTN lima kali berturut-turut dan menjadi satu-satunya provinsi yang meraihnya," ujar Gubernur Jatim Soekarwo.

Penghargaan WTN adalah penghargaan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sebagai perwujudan pembinaan pemerintah dalam menata transportasi perkotaan yang tujuannya sebagai sarana mendorong dan memotivasi terwujudnya budaya tertib lalu lintas dan angkutan jalan.

Menurut dia, penghargaan ini membuktikan bahwa masyarakat di wilayahnya tertib berlalu lintas, sekaligus menunjukkan bahwa pemerintah peduli terhadap dunia transportasi.

"Harus diakui bahwa transportasi merupakan pelayanan dasar kepada masyarakat, setelah pangan, sandang, papan, pendidikan dan kesehatan," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Ia mengaku bangga atas diterimanya penghargaan tersebut dan menjadi bukti kepedulian dan partisipasi masyarakat Jatim dalam keikutsertaannya membangun daerah bersama-sama, khususnya dalam menata transportasi dan lalu lintas.

Sementara itu, kabupaten/kota di Jatim yang meraih penghargaan WTN 2015 sesuai kategori masing-masing sebanyak 27 daerah, atau meningkat daripada tahun sebelumnya yang mencapai 24 daerah.

Rinciannya, daerah penerima Plakat WTN 2015 Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan untuk kategori kota/kabupaten sedang, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Ngawi, Kabupaten Mojokerto dan Nganjuk di kategori kota/kabupaten kecil.

Selain itu, daerah penerima Piala WTN Kategori Lalu Lintas Tahun 2015 yakni Kota Surabaya (kategori kota meteropolitan), Kota Malang (besar), Kota Mojokerto Kabupaten Malang, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Jember, Kota Kediri, Jombang dan Banyuwangi (sedang).

Kemudian, Tulungagung, Tuban, Lumajang, Magetan, Trenggalek, Pacitan, Kabupaten Blitar, dan Situbondo (kecil), serta kota penerima Piala WTN 2015 diraih Kota Probolinggo (sedang).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement