Senin 21 Dec 2015 16:53 WIB

Fadli Zon tak Ingin KPK Disetir Penguasa

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Angga Indrawan
Wakil Ketua DPR Fadli Zon
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Wakil Ketua DPR Fadli Zon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plt Ketua DPR RI Fadli Zon mengungkapkan harapannya pada kelima pimpinan baru KPK. Dia mengingatkan agar jangan sampai lembaga tersebut diintervensi oleh kepentingan politis.

"Jangan ada deal-deal politik yang menyebabkan KPK ini menjadi lemah, apalagi kemudian berkurang perannya," kata Fadli usai menyaksikan upacara pengambilan sumpah jabatan pimpinan KPK periode 2015-109 di Istana Negara, Senin (21/12).

Baca juga: Johan Budi Jabarkan Tantangan Pimpinan KPK ke Depan

Dia juga mengingatkan agar KPK tidak disetir oleh pihak-pihak yang berkuasa. Sebab, katanya, seringkali penegakan hukum menjadi tumpul ketika ada pihak yang berkuasa tersangkut kasus. Fadli menegaskan, KPK harus tetap menjadi lembaga penegak hukum yang independen. 

Berbicara terpisah, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyanjung lima pimpinan KPK yang baru. Menurutnya, kelimanya adalah orang-orang pilihan yang berintegritas.

"Saya kira mereka semua memiliki latar belakang yang hebat-hebat. Nah kita berharap agar pimpinan ini sungguh-sungguh mampu memenuhi harapan rakyat yang begitu tinggi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement