Sabtu 19 Dec 2015 19:23 WIB

Jokowi Didesak Copot RJ Lino dan Menteri Rini

Dirut PT Pelindo II RJ Lino.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Dirut PT Pelindo II RJ Lino.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Komite Pemantau dan Pemberdayaan Parlemen Indonesia (KP3I), Tom Pasaribu mengatakan, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino sebenarnya sudah mendapatkan sorotan sejak lama. Tetapi, sayangnya Presiden Jokowi tetap mempertahankan keduanya.

"Menteri BUMN dan Dirut Pelindo ini kan sudah sangat lama disorot, tetapi didiamkan. Lalu isu ini sengaja ditenggelamkan melalui kasus Setya Novanto," kata dia menerangkan kepada wartawan, Jumat (18/12).

Menurut relawan Jokowi pada Pilpres 2014 itu, pangkal permasalahan yang belakangan mencuat ke permukaan kalau dilihat secara jernih sebetulnya tidak bisa dilepaskan dari permasalahan Pelindo II. Selain itu juga soal rencana perpanjangan PT Freeport Indonesia yang sengaja digulirkan Menteri ESDM Sudirman Said.

Saat kasus Pelindo II mencuat, Kabareskrim saat itu, Budi Waseso, bermaksud membongkar kecurangan demi kecurangan yang dilakukan RJ Lino. Budi Waseso terpental karena kuatnya beking Lino.

"Rekomendasi Pansus Pelindo ini pembuktiannya, berani tidak Jokowi mengganti Rini Soemarno dan Lino demi kepentingan rakyat Indonesia. Kalau dirunut ke belakang, Buwas kan bermaksud membongkar Pelindo, kan publik melihat siapa saja yang ditelepon Lino. Buwas akhirnya terpental," ucap Tom.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement