Jumat 18 Dec 2015 08:37 WIB

Pelatihan Dasar Kepariwisataan Kemenpar Lampaui Target

Wisatawan mengunjungi destinasi wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Jumat (20/11).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Wisatawan mengunjungi destinasi wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Jumat (20/11).

REPUBLIKA.CO.ID, Kementerian Pariwisata akan meningkatkan pelaksanaan program pariwisata di 2016, termasuk kelembagaan kepariwisataan. Juga di dalamnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata.

"Sekarang sudah masuk akhir tahun, yakni masanya untuk melakukan introspeksi terhadap program selama di 2015," ujar Ahman Sya, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata usai membuka "Seminar Kepariwisataan", Kamis (17/12) kemarin di Jakarta.

Seminar dikatakan Ahman Sya juga untuk menindaklanjuti banyaknya program di 2016 dan bagaimana mengimplementasinya dengan baik.

"Ada muatan untuk meningkatkan pemahaman mengenai apa dan bagaimana pariwisata serta mengenai program di 2016. Bagaimana cara meningkatkan implementasinya agar lebih efisien dan produktif," ujar Ahman Sya.

Ahman Sya mengatakan, selama 2015 pihaknya telah berhasil mewujudkan target sertifikasi profesi secara keseluruhan (100 persen) yang jumlahnya mencapai 17.500 orang.

Hal yang sama juga terjadi pada program Pelatihan Dasar Kepariwisataan. Dari target yang hanya 3.000 orang, di akhir 2015 justru melebihi hingga 5.220 orang.

Menurut Ahman, hal tersebut bisa terjadi setelah pihaknya melakukan efisisensi beberapa program.

"Kita revisi lalu kita ajukan revisi untuk difokuskan pada pelatihan dasar SDM pariwisata. Hal ini penting kareng pelayanan yang prima merupakan tindak lanjut yang penting bagi program pariwisata," kata dia.

"Pariwisata kalau tidak ditunjang oleh SDM yang handal maka akan keropos. Makanya kami melakukan revisi program untuk mendorong pelatihan dasar SDM," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement