Kamis 17 Dec 2015 05:08 WIB

Presiden Jokowi Ingatkan TNI tak Ikut Politik Praktis

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Jokowi diapit Wapres Jusuf Kalla dan Menko Polhukam Luhut Panjaitan.
Foto: Setkab
Presiden Jokowi diapit Wapres Jusuf Kalla dan Menko Polhukam Luhut Panjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengingatkan para prajurit TNI tidak ikut terjun dalam politik praktis. Prajurit TNI diminta Presiden mendukung kebijakan politik negara.

Presiden menegaskan, politik prajurit TNI adalah politik negara. Karenanya, TNI harus berpihak pada pemimpin negara.

"TNI hanya tunduk pada satu komando, tegak lurus dan loyalitas pada presiden sebagai pemimpin tertinggi TNI," kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam rapat pimpinan TNI di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/12).

Jokowi berharap TNI melakukan perbaikan dan meningkatkan kapasitas sebagai prajurit yang profesional. Di samping itu, untuk memperkuat pertahanan negara, Presiden juga menyebut modernisasi alutsista TNI harus dilakukan.

"Modernisasi teknologi pertahanan harus dilakukan untuk mengimbangi kemajuan zaman," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden sekaligus menjabarkan dengan panjang lebar mengenai tantangan-tantangan yang akan dihadapi bangsa ke depan, seperti era pasar bebas ASEAN yang sebentar lagi akan dimulai. Tak hanya itu, dia menyebut Indonesia juga berada pada pusaran kekuatan yang besar di Asia Pasifik. Kenyataan itu membuat persaingan antarnegara menjadi sebuah keharusan.

Karenanya, ia mengingatkan para prajurit untuk mewaspadai dan bersiap diri untuk menghadapi era perdagangan bebas tersebut. "Kita harus ambil keuntungan dari era ini. Manfaatkan rivalitas ini untuk kepentingan nasional kita," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement