Senin 14 Dec 2015 20:11 WIB

Setelah Jakarta, Kereta Bandara Bakal Dibangun di Empat Kota Lain

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Tak lama lagi, Jakarta akan memiliki jalur kereta yang langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta. Bahkan, setelah Jakarta ada empat kota lagi yang akan memiliki fasilitas serupa, yakni Surabaya, Palembang, Padang, dan Yogyakarta.

"Tahun berikutnya nanti di kota-kota tersebut Insya Allah sudah bisa dimulai," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau lokasi yang akan dijadikan stasiun di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Senin (14/12). Kereta yang menghubungkan Jakarta dengan Bandara Soetta ditargetkan beroperasi pada semester pertama 2017.

Untuk diketahui, Indonesia telah memiliki kereta ekspres yang terintegrasi yakni di Bandara Kualanamu, Medan. Tak hanya itu, pembangunan kereta bandara di Palembang, Sumatra Selatan pun sedang tahap pengerjaan.

Sedangkan di Jakarta, direncanakan kereta bandara akan memiliki dua rute, yakni Manggarai-Bandara dan Stasiun Kota-Bandara. Untuk saat ini yang tengah dibangun baru jalur Manggarai-Bandara.

"Insya Allah tahun depan, rute kedua dari Stasiun Kota lewat Jakarta sebelah utara menuju ke sini (bandara) bisa dimulai," kata Presiden.

Dia optimistis kehadiran kereta tersebut akan mengurangi kemacetan yang signifikan di jalan raya yang mengarah ke bandara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement