Sabtu 12 Dec 2015 14:13 WIB

PT KAI Sumut Prediksi Penumpang Natal Tahun Ini Meningkat

Rep: Issha Harruma/ Red: Ilham
Penumpang kereta (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Penumpang kereta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT KAI (Persero) Divre I Sumut memperkirakan volume penumpang kereta api akan meningkat menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2016 sebentar lagi. Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Rapino Situmorang mengatakan, volume penumpang kereta api diperkirakan akan meningkat sebesar dua persen.

"Diperkirakan akan ada peningkatan dari 177.221 penumpang pada 2014 menjadi 180.720 pada tahun ini," kata Rapino di Medan.

Rapino mengatakan, untuk melayani peningkatan permintaan ini, pihaknya akan menyiapkan 31 unit lokomotif. Sedangkan armada kereta disiapkan sejumlah 70 unit. Untuk pembelian tiket kereta api, lanjutnya, dapat dilakukan di nomor layanan 121, situs tiket.kereta-api.co.id, kantor pos dan berbagai channel resmi lainnya.

"Dari aspek prasarana, PT KAI juga menyiapkan alat material untuk siaga, seperti bantalan, perancah pada titik yang dianggap rawan serta mengadakan pemeriksaan ekstra seluruh jalur kereta api," katanya.

Rapino menambahkan, personel yang disiapkan berjumlah 187 orang dan akan bekerja sama dengan aparat keamanan di perlintasan-perlintasan sebidang. Mengenai harga tiket, ia menyebut, tidak mengalami perubahan selama masa angkutan libur Natal dan Tahun Baru.

PT KAI pun mengimbau para calon penumpang nantinya untuk segera melakukan pencetakan di mesin cetak tiket mandiri yang tersedia di stasiun. Hal ini untuk menghindari hilangnya struk dan‎ antrean yang panjang. "Kami juga mengimbau untuk menyiapkan kartu identitas asli untuk boarding di stasiun dan tidak memakai perhiasan yang berlebihan," kata Rapino.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement