Sabtu 12 Dec 2015 09:59 WIB

Padang Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Kota Padang
Foto: antara
Kota Padang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang meraih penghargaan sebagai salah satu 'Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2015'. Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Yassona H Laoly dalam peringatan Hari HAM Sedunia di Graha Pengayoman, Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Jumat (11/12).

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menuturkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk penghargaan Kementerian Hukum dan HAM yang menilai Kota Padang menjadi salah satu daerah yang selama ini peduli dengan HAM.

"Sejumlah indikator dapat terpenuhi dengan baik sehingga Padang dapat dikatakan kota layak hidup," kata Mahyeldi di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Sabtu (12/12).

(Baca juga: Jokowi Serukan Rekonsiliasi Kasus Pelanggaran HAM)

Penghargaan tersebut, ia menjelaskan, akan dijadikan acuan bagi Pemkot Padang dalam mempraktikkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia. Menurutnya, HAM tidak hanya identik dengan pelanggaran atau permasalahan. Namun, ujar Mahyeldi, HAM dalam perspektif pemerintahan, yaitu membangun kota menjadi tempat yang layak sebagai tempat hidup.

Ia menuturkan, menurut Menkumham, penghargaan ini diberikan kepada daerah yang dinilai berkomitmen tinggi dalam pemenuhan HAM. Menurut Menkumham, ujar Mahyeldi, peringatan Hari HAM Sedunia ke-67, dapat menjadi momentum serta refleksi, sejauh mana HAM menjadi pondasi bagi bangsa. Kota Padang meraih penghargaan ini, bersama 132 kabupaten/kota se-Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement