Rabu 09 Dec 2015 21:19 WIB
Pilkada Serentak

Pasangan JOSS Unggul dalam Hitung Cepat Pilkada Wonogiri

Grafik perolehan suara pilkada ketika melakukan hitung cepat di Jakarta, Rabu (9/12).
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Grafik perolehan suara pilkada ketika melakukan hitung cepat di Jakarta, Rabu (9/12).

REPUBLIKA.CO.ID,WONOGIRI -- Hasil hitung cepat pasangan calon Pilkada serentak di Wonogiri, Jawa Tengah menunjukkan Joko Sutopo dan Edy Santosa unggul dari rivalnya pasangan Hamid Noor Yasin dan Wawan Setya Nugraha.

"Hampir dipastikan Pilkada Wonogiri dimenangkan oleh pasangan calon nomor urut dua Joko Sutopo dan Edy Santosa," ujar Direktur Eksekutif Pandawa Research Eka Kusmayadi usai melakukan hitung cepat yang dilakukan lembaganya, Rabu (9/12).

Eka menganalisa, kemenangan yang diperoleh Joko dan Edy dalam Pilkada Wonogiri karena figur keduanya yang populer dan dukungan kuat dari partai pendukung, tim sukses yang solid dan relawan yang solid.

“Faktor keunggulan pasangan Joko dan Edy dinilai karena figurnya lebih merakyat dan masyarakat Wonogiri berharap pasangan yang terpilih adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat,” ucap Eka.

Berdasarkan hasil quick count tersebut, Joko unggul suara 53,79 persen. Sementara Hamid memperoleh dukungan 46,21 persen suara. Metodologi yang digunakan dalam hitung cepat adalah Multistage Random Sampling dengan margin of error sekitar 1 persen.

Eka mengatakan, lembaganya juga memperkirakan partisipasi pemilih dalam Pilkada Wonogiri kali ini sebesar 66,51 persen.

Menanggapi hasil hitung cepat, Joko Sutopo menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Wonogiri karena mewujudkan pilkada Wonogiri yang berjalan lancar.

“Kami berharap hasil hitung cepat ini tidak berubah dengan hasil real count. Kami akan mengikuti tahapan penghitungan yang dilakukan KPUD,” ucap Joko yang dengan Edy selama masa kampanye disebut pasangan JOSS.

Ia juga menyadari ada dukungan solid dan dilandasi semangat gotong royong seluruh elemen.

“Kami berterimakasih kepada seluruh kader dan simpatisan PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, para relawan dan khususnya dukungan penuh senior saya Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Mas Bambang Pacul,” papar Joko.

Dalam pilkada ini, Joko-Edy berkompetisi dengan pasangan nomor urut satu yang mantan anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hamid Noor Yasin berpasangan dengan Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setyo Nugroho. Pasangan ini didukung PKS, Gerindra, PAN, dan Demokrat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement