Senin 07 Dec 2015 10:03 WIB

KPU Kota Tangsel Siapkan Ribuan Template Suara Braille

Rep: c36/ Red: Muhammad Hafil
Seorang penyandang disabilitas mengikuti simulasi pemilihan dan sosialisasi Pilkada di Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Surabaya, Jawa Timur, Ahad  (22/11).
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Seorang penyandang disabilitas mengikuti simulasi pemilihan dan sosialisasi Pilkada di Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Surabaya, Jawa Timur, Ahad (22/11).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN --  KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyediakan ribuan template surat suara braille menjelang pemungutan suara Pilkada Kota Tangsel, Rabu (9/12).  Template surat suara braille untuk penyandang tuna netra itu nantinya akan disiapkan di setiap TPS.

Koordinator Distribusi Logistik KPU Kota Tangsel, Sam'ani, mengatakan masing-masing TPS menyediakan satu template surat suara braille. Ada 2.245 TPS yang disiapkan untuk pemungutan suara pada Rabu mendatang.

"Template surat suara braille sudah siap digunakan dan didistribusikan ke semua kecamatan. Kami siapkan masing-masing satu template di satu TPS," jelas Sam'ani kepada Republika.co.id,  Senin (7/12).

Template surat suara braille digunakan untuk memudahkan penyandang tuna netra mengidentifikasi surat suara. Sebelum mencoblos, surat suara dimasukkan dalam template sehingga kaum tuna netra bisa membaca dan mengidentifikasi letak kolom pasangan calon (paslon) pilihannya.

Data yang dihimpun Republika.co.id dari KPU Kota Tangsel menyebutkan ada 25 penyandang tuna netra yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Penyandang tunanetra di Kota Tangsel mayoritas berada di Kecamatan Ciputat, Kecamatan Pondok Aren, Kecamatan Serpong dan Kecamatan Pamulang.

Jumlah seluruh penyandang disabilitas yang terdaftar dalam DPT Pilkada Kota Tangsel sebanyak 142 orang. Selain tunanetra, ada 50 penyandang tunadaksa, 20 penyandang tuna rungu, 17 penyandang tuna grahita dan 30 warga difabel lain yang terdaftar dalam DPT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement