Senin 07 Dec 2015 09:19 WIB

5.000 Lembar Surat Suara KPU Karawang Sudah Tergantikan

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah
Pelipatan surat suara (ilustrasi).
Foto: JAK TV
Pelipatan surat suara (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- KPU Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar) mengklaim, sekitar 2.400 lembar surat suara mengalami kerusakan. Kerusakan logistik untuk Pilkada Rabu (9/12) ini, diketahui pascapenyortiran surat suara. Selain rusak, wilayah ini juga kekurangan 2.600 lembar surat suara. Jadi, total kekurangannya mencapai 5.000 lembar surat suara. 

Ketua KPU Kabupaten Karawang, Riesza Affiat, mengatakan, kekurangannya cukup banyak. Kekurangan ini, akibat surat suara yang rusak, serta kurang dari perusahaan percetakannya. Tetapi, sampai saat ini kekurangan surat suara itu sudah terpenuhi semua. "Kekurangannya yang 5.000 lembar itu telah terganti," ujar Riesza, kepada Republika.co.id, Senin (7/12).

Menurut Riesza, dari 30 kecamatan yang kerusakan surat suaranya paling parah, yaitu Kecamatan Purwasari. Di kecamatan itu saja, kerusakannya mencapai 700 lembar. Sedangkan kecamatan lainnya, hanya 100 lembar. 

Meski demikian, pihaknya telah mendistribusikan 1,5 juta lembar surat suara ke setiap PPK. Surat suara yang telah didistribusikan ini, termasuk template braile bagi penyandang disabilitas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement