Jumat 04 Dec 2015 21:01 WIB

Iklim Perbukuan Perlu Dibenahi

Afrizal Sinaro (kanan) dan Mendikbud Anies Rasyid Baswedan.
Foto: Dok IBF
Afrizal Sinaro (kanan) dan Mendikbud Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Peneliti Indonesia Bermutu yang juga Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta Afrizal Sinaro berpendapat industri perbukuan nasional perlu dibenahi “Kita harus membenahi iklim perbukuan kita. Pemerintah pemegang regulasi, jangan ikut ‘bermain’,”  ungkap Afrizal Sinaro pada diskusi rutin Indonesia Bermutu di Jakarta, Rabu (2/12).

Untuk itu, kata Afrizal,  Ikapi  siap berkolaborasi dengan pemerintah terutama sebagai mitra yang sejajar dan profesional dengan mengedepankan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat.

“Peran nyata Ikapi ke depan antara lain adalah membangun budaya membaca yang bermutu. Penerbit tidak perlu lagi kasak-kusuk mencari pasar, sebab dengan tumbuhnya budaya baca di seluruh lapisan masyarakat, buku dengan sendirinya akan laris manis,” ujar Afrizal.

Selain itu, Afrizal menambahkan, Ikapi  harus menjadi sumber informasi dan pusat kajian budaya literasi. “Untuk itu, Ikapi harus membangun jejaring dengan komunitas-komunitas yang ada di masyarakat,” papar Afrizal Sinaro.

 

Peneliti Indonesia Bermutu Zulfikri Anas mengatakan Indonesia Bermutu akan menggelar refleksi akhir tahun.

“Refleksi akhir tahun ini akan digelar oleh Institute Indonesia Bermutu dan rencananya akan bekerja sama dengan Repulika mengundang para pakar terkait dengan guru, kurikulum, penilaian yang bermuara pada pendidikan bermutu,” ungkap Zulfikri Anas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement