Selasa 01 Dec 2015 21:22 WIB

Jutaan Surat Suara Disebar ke Wilayah Kabupaten Bandung

Rep: C12/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pelipatan surat suara di KPU Cilegon
Foto: JAK TV
Pelipatan surat suara di KPU Cilegon

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sekitar 2,5 juta surat suara disebar ke 31 kecamatan di Kabupaten Bandung. Penyebaran surat suara dimulai pada hari ini, Selasa (1/12).

Ketua Pokja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Agus Hasbi menuturkan, seluruh surat suara itu didistribusikan dengan menggunakan delapan mobil bak tertutup. "Sekali jalan untuk dua kecamatan," tutur dia, Selasa (1/12).

Agus menambahkan, mobil tersebut bisa mendistribusikan surat suara dengan dua kali jalan dalam sehari. Karena itu, lanjut dia, satu mobil ditargetkan bisa mengantar surat suara ke empat kecamatan dalam sehari.

Kata dia, jumlah surat suara di Kabupaten Bandung sebanyak 2.551.082. Rinciannya, 2.486.376 surat suara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan sisanya untuk cadangan. "Pas sampai nanti akan ditaruh di kecamatan dulu," ujar dia.

Di kecamatan itu pulalah, pengesetan dan pengepakan dilakukan. Surat suara disimpan di dalam kotak suara lalu digembok dan disegel. Dari kecamatan, kemudian didistribusikan lagi ke kantor desa. "H-3 (pencoblosan) sampai ke desa. Dan H-1 sudah ada di TPS," ujar dia.

Semua proses pendistribusian surat suara itu, kata Agus, dikawal ketat oleh petugas kepolisan dari Polres Bandung. Mulai dari gudang di KPU sampai, kecamatan, desa, hingga ke TPS. "Dikawal terus. Ada anggota Polsek masing-masing yang diturunkan. Dan juga petugas dari Panwaslu," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement