Kamis 19 Nov 2015 18:24 WIB

Bertemu Dubes AS, Luhut: Nggak Ada Bahas Freeport

Rep: C15/ Red: Bayu Hermawan
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Robeth O Blake Jr menyambangi kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kedatangan Blake, untuk membahas pertemuan Presiden Jokowi dengan Obama di California. Ia membantah ketika kedatangan Blake untuk membahas kasus PT. Freeport yang sedang ramai saat ini.

"Enggak, enggak ada bahas Freeport. Kita bahas rencana pertemuan kepala negara di California. Juga bahas isu isu lain," ujarnya di Kantor Menkopolhukam, Kamis (19/11).

(Baca: Luhut: Tak Untungkan Indonesia, Kontrak Freeport akan Diputus)

Luhut mengatakan setidaknya ada tiga pembahasan yang dibicarakan Luhut dengan Blake sore ini. Pertama, soal pertemuan dua kepala negara. Kedua, soal posisi Indonesia dalam sengketa Laut Cina Selatan. Ketiga, soal kerjasama kemanan dan pertahanan negara.

Luhut sendiri mengatakan soal sengketa Laut Cina Selatan, Blake menjelaskan posisi Indonesia. Blake mengatakan pada Luhut bahwa posisi Indonesia jelas dan tidak terlibat secara langsung dalam konflik tersebut. Namun Luhut menegaskan pihaknya tetap akan mengedepankan dialog terhadap negara negara agar masalah ini jelas.

Blake datang ke Kantor Menkopolhukam sekitar pukul 15.20. Ia datang sendiri, sekitar pukul 16.17 Blake keluar dari pintu khusus yang menjadi pintu menuju ruangan Luhut.

Ia tak berkomentar banyak soal kunjungannya. Saat ditanya awak media, ia hanya menyunggingkan senyum sembari melambaikan tangan dan langsung memasuki mobilnya.

"No comment," ujar Blake.

(Baca juga: Pencatutan Nama Presiden, DPR: MKD Harus Panggil Freeport)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement