Kamis 19 Nov 2015 17:30 WIB

Luhut Bertemu Dubes AS

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan.
Foto: Republika/Wihdan H
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Pandjaitan melakukan pertemuan dengan Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Robert Blake membahas masalah keamanan.

"Tadi kami membahas masalah Laut Cina Selatan. Ia menjelaskan mengenai posisi Indonesia dan posisi kita jelas tidak terlibat langsung dalam konflik di Laut China Selatan," kata Luhut seusai pertemuan tersebut di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis (19/11).

Luhut menyatakan Indonesia dan AS sepakat mengedepankan dialog dalam menyelesaikan konflik di Laut Cina Selatan.

"Tadi kami juga bicara mengenai kerja sama keamanan," kata Luhut.

Selain masalah Laut China Selatan, kata Luhut, dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan mengenai usulan dari Presiden AS Barack Obama untuk mengadakan pertemuan di California antara ASEAN dan AS.

(Baca juga: JK Nilai Bantuan AS Imbangi Kekuatan di Laut Cina Selatan)

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan untuk menghadapi perkembangan situasi di Laut China Selatan perlu dikedepankan pendekatan diplomasi pertahanan.

"Saya sampaikan bahwa penyelesaian Laut China Selatan harus dilakukan melalui langkah-langkah yang konkret dan konstruktif," kata Menhan di Kampus Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor, Kamis (12/11).

Menhan mengajak seluruh pihak yang bersengketa di Laut China Selatan, yaitu ASEAN dan Cina untuk menghormati Pasal 8 Piagam PBB yang menyatakan setiap sengketa di kawasan diselesaikan oleh kawasan itu sendiri (regional settlement).

"Salah satu implementasi konsep tersebut adalah proposal pelaksanaan patroli perdamaian bersama di Laut China Selatan," kata Menhan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement