Rabu 18 Nov 2015 22:27 WIB

Waspadai Angin Topan Saat Pancaroba

Rep: qomaria rostanti/ Red: Muhammad Subarkah
Badai dalam film The Martian
Foto: dispatchtribunal.com
Badai dalam film The Martian

REPUBLIKA.CO.ID,‎‎ JAKARTA -- Saat ini sebagian wilayah Indonesia seperti di Jawa, Sumatra bagian selatan, Bali, sebagian Kalimantan dan Sulawesi berada pada musim pancaroba atau peralihan dari kemarau ke penghujan. Saat pancaroba, angin topan sering terjadi menjelang hujan turun.

Kejadian tersebut ditandai dengan cuaca yang panas dan dalam waktu tidak lama kemudian berubah menjadi mendung lalu timbul angin kencang dan hujan deras. Seperti yang terjadi di Ngawi, Jawa Timur pada Selasa lalu. "Kronologisnya terjadi hujan deras disertai angin kencang. Satu orang meninggal dunia bernama Randinem (65)," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya, Rabu (18/11).

Peristiwa tersebut terjadi pukul 17.30 WIB di Kecamatan Karang Jati (Desa Rejomulyo dan Desa Rejuno) dan Kecamatan Beringin (Desa Krompol, Desa Dero, dan Desa Sumberbening). Bencana tersebut menimbulkan kerugian material berupa 14 unit rumah roboh di Kecamatan Karang Jari serta lima unit rumah rusak berat dan 121 Unit rumah mengalami kerusakan ringan. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi, pendataan dan memberikan bantuan logistik. Koramil dan polsek bersama-sama dengan masyarakat membantu warga yang terkena musibah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement