Selasa 10 Nov 2015 15:36 WIB

Ribuan Guru Bogor Ikuti Uji Kompetensi

Rep: c34/ Red: Karta Raharja Ucu
Sejumlah guru mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 di SMK Negeri 1 Serang, Banten, Selasa (10/11).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah guru mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 di SMK Negeri 1 Serang, Banten, Selasa (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 8.721 guru di Kota Bogor mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG), Senin (9/11). UKG yang diikuti guru TK hingga SMA/SMK itu diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Bogor dan berlangsung hingga 18 November 2015 di 17 gedung sekolah negeri dan swasta.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor Fakhruddin menyampaikan, setiap gedung sekolah tempat ujian kompentensi (TUK) memfasilitasi tiga rombongan yang masing-masing terdiri dari 20 orang guru. Peserta tahun ini ialah para guru yang telah terdata pada 2012.

Ia menambahkan, peserta adalah guru-guru yang sudah terdaftar dan memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK). Para guru yang tahun ini belum mengikuti UKG harus menjalani tes di tahun berikutnya.

"Baik guru PNS maupun non-PNS, yang sudah sertifikasi maupun yang belum, semuanya mengikuti UKG," kata Fakhruddin.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdik Kota Bogor Ayub Cahyono menjelaskan, UKG bertujuan memetakan kelebihan, kelemahan, dan kekurangan tenaga pendidik Indonesia. Pemetaan itu akan menjadi acuan pemerintah dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi para guru agar lebih terarah.

"Pada akhirnya, diharapkan para guru dapat bersaing dengan tenaga pendidik yang mungkin datang dari luar Indonesia," ujar Ayub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement