Selasa 10 Nov 2015 15:27 WIB

Hadapi Krisis Pangan, PKS Dukung Program Sawah Abadi

Rep: Dyah ratna meta novia/ Red: Winda Destiana Putri
Krisis Pangan (ilustrasi)
Foto: setkab.go.id
Krisis Pangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS Almuzzammil Yusuf mendukung program pembangunan lahan sawah abadi.

Hal ini untuk meminimalisasi laju alih fungsi lahan agar ancaman krisis pangan makin terkendali.

"Kami di Komisi IV DPR mendukung adanya lahan sawah abadi agar produksi pangan dapat terus berlanjut. Selain itu, dampak krisis pangan akibat alih fungsi lahan menjadi lebih terkendali," kata Muzzammil, Senin (9/11).

Ancaman krisis pangan di samping berasal dari laju alih fungsi lahan yang begitu cepat, juga disebabkan krisis global. Saat ini ancaman krisis energi, ancaman krisis pangan, dan krisis air juga makin menggejala di tingkat global.

Imbasnya, Indonesia ikut terdampak oleh ancaman krisis tersebut. Akibat ancaman krisis global pada tiga sektor, terutama sektor pangan, Indonesia menjadi ikut terdampak.

"Ini terlihat dari harga pangan semakin tinggi dan makin sulit dijangkau. Indonesia tengah terancam krisis pangan akibat alih fungsi lahan yang begitu cepat dan makin tingginya laju pertumbuhan penduduk," terangnya.

Kini lahan persawahan telah banyak berubah fungsi jadi perumahan, lahan perkebunan sawit dan sebagainya. Akibatnya jika tidak diantisipasi secara baik dalam jangka panjang akan mengakibatkan krisis pangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement