Selasa 10 Nov 2015 00:50 WIB
Ujaran Kebencian

Twitter Juga Melarang Konten Kebencian

Twitter
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Surat Edaran Kapolri terkait ujaran kebencian (hate speech) merupakan isu keamanan di media sosial, yang bertujuan memberikan rasa aman bagi siapapun.

"Intinya apa yang tidak boleh dilakukan di dunia nyata, jangan dilakukan di dunia maya," kata Direktur Eksekutif Institut Media Sosial dan Diplomasi Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria, Senin (9/11).

Menurut dia, satu postingan bohong bisa membuat kerusuhan di darat, satu poster fitnah bisa meruntuhkan  NKRI melalui adu domba antargolongan di media sosial.

Hariqo mengatakan, larangan konten kebencian boleh saja dilakukan, jangan sampai hanya untuk membungkam atau menakut-nakuti orang yang mengkritik pemerintah, tetapi harus memberikan rasa aman bagi siapapun. (Baca: SE Ujaran Kebencian Berpotensi Belenggu Kebebasan Masyarakat).

Dikatakannya, bahaya ujaran kebencian di media sosial bukanlah hal baru, larangan ini juga sudah dilakukan oleh Twitter. Larangan tersebut dapat dibaca dalam aturan media sosial tersebut.

"Twitter juga melarang promosi konten kebencian, topik sensitif, dan kekerasan secara global," katanya.

Ia menjelaskan, konten kebencian yang dimaksudkan dalam kebijakan tersebut adalah konteks yang menghasut individu, organisasi, atau grup berdasarkan ras, suku bangsa, asal negara, warna kulit, agama, ketidakmampuan fisik ataupun mental, usia, jenis kelamin, dan lainnya.

Hariqo menambahkan, persoalan yang muncul saat ini, kebanyakan orang membuat media sosial dengan cepat, tanpa membaca aturan yang dibuat oleh media sosial tersebut. Karenanya, sebelum membuat akun media sosial, lebih baik membaca dulu aturan, jangan asal centang "agree" saja.

"Ini mirip dengan kita membeli barang elektronik atau obat, tidak kita membiasakan diri membaca buku petunjuk penggunaan, kebanyakan memilih mendengarkan dari mereka yang sudah menggunakan, meskipun yang sudah menggunakan belum tentu membaca buku petunjuk," katanya.

Ia menambahkan, guru, orang tua, para pemuka agama juga harus sering mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dengan menggunakan sosial media dan kritis terhadap informasi yang ada di dalamnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement