Senin 09 Nov 2015 23:01 WIB

Stok Beras di Jabar Aman Sampai Empat Bulan ke Depan

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Ilham
Beras Karyan kemasan Bulog
Beras Karyan kemasan Bulog

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Bulog Divre Jawa Barat menjamin stok beras masih relatif aman. Saat ini, stok beras cukup untuk kebutuhan empat bulan ke depan. Sehingga, masyarakat diminta tak perlu khawatir.

Kepala Bulog Divre Jabar, Alif Affandi mengatakan, berdasarkan laporan dari seluruh Sub Divre pada umumnya stok beras masih mencukupi dan tak ada persoalan. Tahun ini, pemerintah telah menyalurkan beras miskin (Raskin) sebanyak 14 kali. Tetapi, stok beras yang ada masih cukup banyak.

"Seperti di Sub Divre Karawang, stoknya mencapai 30 ribu ton setara beras," ujar Alif, kepada Republika.co.id, Senin (9/11).

Dengan begitu, cadangan bahan pangan masih mencukupi. Bahkan, diprediksi tak akan terjadi krisis pangan akibat dampak el nino. Sebab, di sejumlah wilayah sentra beras, saat ini sudah banyak petani yang tanam padi.

 

Seperti di Karawang, saat ini, petani di golongan air satu telah tanam. Prediksi, mereka bisa panen antara Februari-Maret. Tak hanya itu, sebagian besar persawahan di wilayah ini tak terdampak el nino. Jadi, petani masih bisa tanam tiga kali dalam setahun. Karena suplai air mereka tetap ada dari irigasi teknis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement