Selasa 03 Nov 2015 15:41 WIB

DKPP Yakin Pilkada akan Tuai Sukses

Jimly Asshiddiqie
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Jimly Asshiddiqie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun dianggap masih kurang semarak oleh beberapa kalangan, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshidiqi meyakini penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang akan menuai sukses. Hal ini terlihat dari menurunnya jumlah perkara yang diadukan terkait tahapan pelaksanaan Pilkada serentak itu.

Menurut Jimly, pada tahun 2014 lalu, jumlah pengaduan yang diterima DKPP mencapai 879 kasus ketidakpuasaan terhadap kinerja penyelenggara Pemilu. Dari jumlah tersebut, yang disidangkan karena dianggap memenuhi syarat sebanyak 333 perkara.

Sementara saat ini, hingga bulan November ini atau tinggal 1 bulan pemungutan suara, jumlah pengaduan yang diterima hanya sebanyak 289 pengaduan. Itu pun yang resmi disidangkan hanya tercatat 75 perkara.

“Ini kami periksa dengan menggunakan TPD (Tim Pemeriksa Daerah) karena kasusnya di daerah. Kasus menurun. Ini bisa jadi karena titik pemilihan lebih sedikit,” kata Jimly kepada wartawan seusai bersama pengurus KPU dan Bawaslu diterima oleh Presiden Joko Widodo, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/11).

Menurut Jimly, dengan sedikitnya jumlah perkara yang diadukan itu, maka sudah seharusnya pilkada disambut dengan optimis

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement