Senin 02 Nov 2015 22:45 WIB

PKS Minta Keamanan Bandara Soekarno-Hatta Ditingkatkan

Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana Adia
Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana Adia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Angkasa Pura (AP) untuk meningkatkan keamanan di Terminal I Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam kunjungannya ke Terminal I Bandara Soekarno-Hatta, Yudi menemukan garpu, sendok, dan pisau yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan. Barang-barang berbahaya ini dapat ditemukan setelah pemeriksaan x-ray.

“Menggeser pintu pemeriksaan x-ray di dekat tempat check in dan membiarkan aktivitas restoran dan lounge berada setelah titik pemeriksaan bisa sangat berbahaya. Jika ada penumpang yang berniat jahat, mereka bisa saja mengambil barang-barang berbahaya ini saat makan di restoran atau lounge dan membawanya ke dalam pesawat karena tidak ada lagi pemeriksaan,” kata Yudi.

Politisi PKS ini mendesak AP meninjau kembali tata letak lounge dan restoran serta titik pemeriksaan penumpang. Aktivitas restoran dan lounge seharusnya menggunakan peralatan yang tidak membahayakan.

“Titik pemeriksaan seharusnya ditempatkan berdekatan dengan gate dan ruang tunggu penumpang menuju pesawat sehingga benar-benar steril. Tidak seperti sekarang, sudah lolos pemeriksaan, tapi penumpang masih bisa membeli atau membawa barang-barang berbahaya ini dari restoran, lounge atau toko souvenir,” kata Yudi.

Dalam UU No. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan, masalah kemanan penerbangan menjadi tanggung jawab badan usaha penyelenggara bandara dan otoritas bandara. Hal itu sesuai dengan pasal 327 UU No. 1 tahun 2009.

Selain itu, menurut pasal 328, setiap otoritas bandar udara bertanggung jawab terhadap pengawasan dan pengendalian program keamanan bandar udara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement