Selasa 27 Oct 2015 21:08 WIB

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Peran MR SM Amin Dalam Sumpah Pemuda

Peran MR SM Amin Dalam Sumpah Pemuda akan dipamerkan di Museum Sumpah Pemuda Jakarta, 28 Oktober hingga 11  November 2015.
Foto: Dok Museum Sumpah Pemuda
Peran MR SM Amin Dalam Sumpah Pemuda akan dipamerkan di Museum Sumpah Pemuda Jakarta, 28 Oktober hingga 11 November 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Museum Sumpah Pemuda Jakarta akan menggelar pameran bertajuk  “Peran MR SM Amin Dalam Sumpah Pemuda”. Pameran tersebut akan dilangsungkan pada 28 Oktober hingga 11 November 2015.

Pada pembukaan pameran, Rabu (28/10) juga akan diluncurkan buku berjudul “Peran MR SM Amin Dalam Sumpah Pemuda dan Pergerakan Kebangsaan Indonesia”.

“Menurut rencana, pameran akan dibuka oleh Mendikbud Anies R Baswedan dan akan diisi pidato Prof Syafi’i Ma’arif,” kata editor buku “Peran MR SM Amin Dalam Sumpah Pemuda dan Pergerkan Kebangsaan Indonesia” Dr Ichwan Azhari, Senin (26/10).

Ichwan menambahkan, pameran tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kontribusi SM Amin  dalam Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 dan sesudahnya, yang selama ini terlupakan.

“Yang dipamerkan dalam pameran tersebut adalah poster perjalanan hidup MR SM Amin  dari lahir sampai wafat. Juga ada uang Republik di daerah yang ditandatangani MR SM Amin  sewaktu revolusi di Sumatera,” tutur Ichwan.

Masih ada barang lainnya. “Ada pula beberapa barang lain, seperti mesin tik, meja tulis dan buku-buku yang ditulisnya,” papar Ichwan yang menjabat Kepala Pusat Studi  Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Negeri  Medan (Unimed).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement