Selasa 27 Oct 2015 15:14 WIB

Tangani Bencana Asap, Kementerian Desa Koordinasi dengan Pemda Setempat

Rep: Dyah ratna meta novia/ Red: Winda Destiana Putri
?Kabut asap tipis menyelimuti kawasan gedung tinggi di Jakarta, Senin (26/10).   (Republika/Agung Supriyanto)
?Kabut asap tipis menyelimuti kawasan gedung tinggi di Jakarta, Senin (26/10). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa,  Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, dalam menangani bencana asap ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan  pemda setempat.

"Di Kalimantan Barat, kami minta bupati setempat mengungsikan warga yang terkena paparan asap ke desa yang lebih aman. Selain itu juga memberikan bantuan berupa masker ke daerah yang terkena paparan asap," katanya, Senin, (26/10).

Daerah gambut seperti Kalbar, ujar Marwan, juga dibuat drainase-drainase. Ini bertujuan agar tanah gambut jadi basah dan tak mudah terbakar.

"Meski bencana kebakaran hutan dan lahan tugas BNPB, namun kami ikut menangani. Apalagi soal kebakaran hutan dan lahan sudah diserahkan kepada Menko Polhukam untuk diselesaikan."

 

Saat mengunjungi beberapa daerah untuk mengontrol perkembangan penggunaan dana desa, terang Marwan, ia sekaligus memantau penanganan bencana asap. Semua sumber daya dikerahkan untuk menangani bencana asap, TNI, Polri, tenaga kesehatan, relawan, tenaga asing bersama-sama menangani bencana asap.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement