Senin 26 Oct 2015 07:53 WIB

DPD Pertanyakan Hukuman Kebiri

Rep: C27/ Red: Ilham
Peralatan medis untuk operasi kebiri (Ilustrasi)
Peralatan medis untuk operasi kebiri (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota komite III Dewan Permusyawaratan Rakyat (DPD), Emma Yohana menilai hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual anak tidak terlalu tepat. Edukasi menjadi penyelesaian yang lebih baik ketimbang memberikan hukum kebiri.

Emma pun mempertanyakan dampak mengkebiri pelaku kejahatan seksual anak. "Apakah sudah ada semacam studi, apakah dengan cara pengkebirian itu bisa terjamin (masalah selesai)?" ujar anggota DPD perwakilan Sumatera Barat.

Menurutnya, memberikan edukasi kepada masyarakat lebih baik daripada memutuskan hukuman tanpa ada penelitian yang jelas terlebih dahulu. Dengan memberikan edukasi, maka masyarakat akan tahu bahwa perilaku tersebut merupakan sebuah kesalahan yang tidak pantas dilakukan.

"Jadi kalau dikebiri berapa orang yang akan dikebiri? Semenatara itu, kalau dia kembali lagi apakah kejadian ini tidak berulang?" tanyanya.

Edukasi juga akan menumbuhkan karakter masyarakat yang paham tentang perilaku kekerasan. Diharapkan dengan adanya edukasi berkelanjutan individu-individu yang akan melakukan kekahatan seksual berpikir ulang untuk tidak hanya dari segi dosa agama, namun juga hukuman yang sudah tercantum pada Undang-undang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement