Ahad 25 Oct 2015 14:02 WIB

Ratusan Pemuda Muhammadiyah Yogya Ikuti Apel Akbar Bela Negara

Rep: Yulianingsih/ Red: Andi Nur Aminah
   Salah satu kelompok kader yang melakukan apel pelatihan bela negara   (Republika/Wihdan)
Salah satu kelompok kader yang melakukan apel pelatihan bela negara (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ratusan Pemuda dari Komando Kesiapsiagaan Muda Muhammadiyah (Kokam) DI Yogyakarta (DIY) menggelar apel siaga bela negara di lapangan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Ahad (25/10). Mereka menggunakan seragam doreng coklat dengan pet merah saat mengikuti upacara tersebut. Bertindak sebagai inspektur upacara dalam apel akbar tersebut adalah Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY, Iwan Setiawan.

Usai apel akbar ratusan anggota Kokam DIY juga memperoleh pembekalan dari Korem 072 Pamungkas tentang bela negara dan nasionalisme. Pembekalan disampakan Perwira Seksi Perlawanan Wilayah Mayor Inf Deni Kartiwa. Setelah itu, pembekalan dilanjutan dengan materi serupa dari Anggota DPD RI, M Afnan Hadikusumo.

Komandan Kokam DIY, Darojat mengatakan, apel akbar ini merupakan penguatan kembali visi dan misi Kokam untuk ambil bagian dalam bela negara. "Ini penguatan dari komitmen kita," ujarnya.

Kokam, kata dia, berdiri sejak 2003 silam dengan anggota aktif saat ini sebanyak 430 orang. untuk penguatan dan pengkaderan, ke depan, Kokam juga  akan masuk ke lingkungan sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler. “Sementara ini baru SMK Muhammadiyah 3 yang sudah punya Kokam,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement