Senin 19 Oct 2015 00:37 WIB

Satu Tahun Jokowi-JK, PMII Gelar Aksi Serentak Seluruh Indonesia

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ilham
 Massa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan BBM dengan membakar ban bekas di depan kantor ESDM, Jakarta, Selasa (18/11).   (Republika/ Yasin Habibi)
Massa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan BBM dengan membakar ban bekas di depan kantor ESDM, Jakarta, Selasa (18/11). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Senin (19/10) akan menggelar aksi memperingati satu tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Aksi akan dipusatkan di depan Istana Presiden.

“Aksi ini sebagai komitmen dan memastikan pemerintahan tetap efektif,” ujar Sekretaris Jenderal PB PMII, Abdul Haris Wally dalam rilisnya kepada Republika.co.ud, Ahad (18/10).

Menurut Haris, aksi ini tidak hanya dilaksakan di Jakarta. Namun, secara serentak akan dilaksanakan oleh kader PMII di seluruh Indonesia dengan lokasi aksi di kantor Gubernur, Wali Kota, dan Bupati di daerah masing-masing.

Haris menilai, selama satu tahun, banyak catatan yang perlu diperbaiki oleh pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Harapan besar yang pernah dijanjikan oleh Jokowi hingga kini masih jauh dari kenyataan.

Hal tersebut terbukti dengan persoalan ekonomi yang belum stabil dengan masih melemahnya nilai tukar rupuah terjadap dolar Amerika. Termasuk hukum dan politik yang juga belum stabil.

Selain itu, lanjut Haris, PMII juga menilai penyerapan anggaran di beberapa pos kementerian masih rendah. Hal itu mendandakan, pemerintah saat lamban dalam menjalankan persoalan anggaran sehingga berdampak terhadap perekonomian.

“Kedepannya butuh kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran,” kata Haris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement