Ahad 18 Oct 2015 20:54 WIB

Jokowi Disarankan Siapkan Juga Program Jangka Pendek

Rep: c15/ Red: Joko Sadewo
Maruarar Sirait
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Maruarar Sirait

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menanggapi hasil survei yang menunjukan ketidakpuasan terhadap pemerintah Jokowi JK, Ketua DPP PDIP, Maruar Sirait menilai hal tersebut wajar, sebab banyak kebijakan dan program pemerintah yang bisa dirasakan dalam jangka panjang. Solusinya, pemerintah harus mengeluarkan program jangka pendek yang bisa langsung dirasakan masyarakat.

Politikus yang biasa disapa Ara ini menilai, banyaknya hasil survei yang menunjukan ketidakpuasan terhadap pemerintahan ditahun pertama disebabkan oleh faktor ekonomi. Sektor ekonomi memang mempengaruhi langsung masyarakat kelas bawah.

"Maka kita berharap paket ekonomi bisa menjadi solusi seperti harga gas, listrik, premium bisa diturunkan.  Kemudian juga harus ada program padat karya ditempat tempat yang banyak PHK dan pengangguran," ujar Ara saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (18/10).

Dikatakannya, kompensasi penghapusan subsidi baru bisa dirasakan manfaatnya dalam jangka panjang. Hal ini karena alokasi penghapusan subsidi diprioritaskan dalam pembangunan infrastuktur pada jalur luar daerah.

Kebijakan ini, kata Ara menjadi pil pahit pada jangka pendek. Namun, hal tersebut bisa dirasakan manfaatnya pada jangka panjang.

Sebagai solusi Ara menyarankan pemerintah perlu fokus dalam membuat program jangka pendek. Program jangka pendek dan padat karya ini bisa dilakukan di sektor kesehatan dan pendidikan.

Paket paket kebijakan yang menyasar pada ekonomi juga bisa diterapkan pada sektor kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut bisa memperbaiki daya beli masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement