Ahad 18 Oct 2015 09:10 WIB

Logo Baru, Refleksikan Merck Sebagai Perusahaan Sains dan Teknologi

Merck (Ilustrasi)
Foto: Reuters
Merck (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JERMAN -- Merck, perusahaan sains dan teknologi terkemuka, telah mengumumkan perubahan identitas merek perusahaannya. Tampilan visual serta pengenalan logo baru merefleksikan transformasi Merck menjadi perusahaan sains dan teknologi.

Pada saat yang bersamaan, arsitektur merek dalam tingkat bisnis juga telah disederhanakan. Di luar Amerika Serikat dan Kanada, perusahaan akan beroperasi secara seragam sebagai Merck.

"Merck telah mengalami perubahan yang fundamental selama 10 tahun terakhir," tegas Chairman of Executive Board dan CEO Merck Karl-Ludwig Kley.

Dikatakan lebih lanjut, Merck telah berkembang dari perusahaan pemasok kimia dan farmasi tradisional menjadi perusahaan teknologi global. Dengan kombinasi unik dari bisnis yang sangat spesialis; biofarmasi, ilmu hayati(life science), dan material, saat ini Merck berada dalam posisi untuk menawarkan solusi yang mendukung tren global seperti kesehatan dan digitalisasi.

"Melalui perubahan menyeluruh pada identitas merek yang baru, kami akan mengomunikasikan tujuan baru perusahaan kepada konsumen, mitra, dan calon karyawan. Kami ingin tetap terlihat dan dikenal sebagai Merck yang mendunia, sehingga identitas kami memperkuat nama perusahaan kami yang telah dikenal dengan baik. Oleh karena itu, kami mulai meninggalkan citra yang lama dan fokus kepada citra yang lebih muda dan menarik."

Di Indonesia sendiri, Merck merupakan salah satu perusahaan sains dan teknologi tertua yang beroperasi di Indonesia dan pada 14 Oktober 2015 merayakan 45 tahun beroperasi.

"Selama 45 tahun, Merck Indonesia telah berkembang hingga saat ini memiliki kombinasi keahlian khusus melalui bisnis kami di sektor kesehatan, life science, dan performance materials. Hal ini menempatkan kami pada posisi untuk mengenali tantangan di sektor-sektor tersebut dan menawarkan solusinya. Kami percaya perubahan identitas Merck secara global akan memperkuat komitmen kami dan membawa lebih banyak nilai tambah bagi masyarakat Indonesia," kata Presiden Direktur PT Merck Indonesia Tbk Martin Feulner dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id.

Dengan adanya identitas merek baru ini, merek-merek divisi Merck Serono dan Merck Milipore yang semula berdiri secara independen, tidak akan ada lagi. Di masa mendatang, Merck Serono akan beroperasi sebagai bisnis biofarmasi Merck, sementara Merck Milipore sebagai bisnis life science Merck.

"Setelah dua akusisi besar, merek Merck Serono dan Merck Milipore telah mendukung Merck dalam menempatkan perusahaan di kedua bisnis yang telah ada dan ketika menambah bisnis di pasar. Kami telah berhasil melakukannya selama ini. Karena itu kami kembali kepada merek yang telah dikenal selama hampir 350 tahun," Kley menambahkan.

Merek produk-produkseperti Erbitux atau MilliQ tidak akan terpengaruh perubahan ini. Merck memiliki hak untuk mengubah nama dan merek secara global kecuali di Amerika Serikat dan Kanada. Perusahaan akan meneruskan operasi di dua negara tersebut sebagai EMD Serono yang bergerak dalam bisnis biofarmasi, EMD Performance Materials sebagai bisnis material mutakhir, juga EMD Millipore dalam bisnis life science hingga rencana akuisisi Sigma-Aldrich telah selesai.

Tampilan visual Merck juga mengalami perubahan mendasar, dilandasi konsep perusahaan sains dan tekonologi yang dinamis dan terinspirasi oleh bentuk-bentuk beragam dan beraneka warna yang dapat dilihat di bawah mikroskop. Desain baru Merck memperlihatkan warna-warna dan bentuk yang ekspresif dengan tampilan dan rasa (look and feel) scientific, yang juga direfleksikan oleh logo baru perusahaan. Apabila dibandingkan dengan logo yang lama, logo baru Merck menyampaikan pernyataan yang lebih berani, dengan desain yang lebih sederhana dan dapat digunakan dalam warna yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement