Jumat 16 Oct 2015 02:00 WIB

Basolia Depok Gelar Pengobatan Gratis di Kantor PC NU Depok

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Julkifli Marbun
Ilustrasi (Republika/Wihdan Hidayat)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) Kota Depok kembali  menggelar pengobatan gratis di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Depok, Kali Mulya, Kecamatan Sukmajaya. Sedikitnya 111 pasien dari lingkungan sekitar dan  kelurahan Kali Mulya, Kamis (15/10).

Ketua Basolia Kota Depok, Nasihin Syahroni mengutarakan, masyarakat sangat antusias mengikuti pengobatan gratis yang diselenggarakan Basolia.  ''Ini murni kegiatan sosial yang tidak ada  embel-embel apapun. Semuanya bersumber dari swadaya lintas agama Depok, dari Obor Berkat Indonesia (OBI) dan NU Depok,'' ujar Nasihin.

Nasihin mengungkapkan, dari target 300 pasien, pihaknya bisa memberikan pengobatan sebanyak 111 orang pasien dari pukul 08.00-13.00 WIB.  Menurutnya, mayoritas pasien banyak yang mendatangi dokter gigi. Dalam kegiatan tersebut dibantu dua orang dokter gigi dan tiga  dokter umum dari OBI.

Dengan pengobatan gratis tersebut, ternyata masih banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Pemerintah  telah mengadakan program BPJS tapi di masyarakat masih ada yang mengharapkan atau belum terjangkau oleh BPJS. Ke depan, kita berharap pelayanan kesehatan di masyarakat harus ditingkatkan dan diperbaiki. Masyarakat belum cukup dengan BPJS, sebab masih ada yang masih segan ke puskesmas, karena antri, tempatnya kejauhan dan kita ambil sela-sela itu untuk dekati mereka," tuturnya yang menambahkan, pihaknya tidak berhenti di sini saja, tapi nanti rencananya akan mengadakan operasi katarak dan bibir sumbing.

Ketua PC NU Depok, Raden Salamun mengungkapkan mendukung kegiatan Basolia karena salah satu tujuannya untuk  kemaslahatan umat di dalamnya  ada pelayanan kesehatan. Pasalnya, kegiatan tersebut bentuk kepedulian pada masyarakat dan harus di dukung penuh oleh semua pihak.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan Basolia yang merupakan gerakan kerakyatan yang luar biasa dan  tak pandang asal usul. Apalagi, kalau kegiatan ini disosialisasikan dengan gencar, tentu akan lebih baik karena mendapatkan dukungan yang lebih banyak dari berbagai pihak," kata Raden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement