Senin 12 Oct 2015 07:39 WIB

15 Ribu Hektare Lahan Terbakar Sudah Padam

Sejumlah pengendara menembus kabut asap yang menyelimuti Jembatan Betrix, Sarolangun, Jambi, Rabu (7/10).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Sejumlah pengendara menembus kabut asap yang menyelimuti Jembatan Betrix, Sarolangun, Jambi, Rabu (7/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Dansatgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Jambi Kol Inf Makmur mengatakan seluas 15.600 hektare hutan dan lahan yang terbakar di daerah itu sudah berhasil dipadamkan.

"Hingga saat ini total yang sudah dipadamkan seluas 15.600 hektare, sementara yang masih terbakar sekitar 200 hektare lagi," kata Makmur, Ahad (12/10).

Data yang diterima menyebutkan luas kebakaran yang meliputi kawasan hutan dan areal penggunaan lain baik perkebunan dan hutan tanaman industri mencapai 15.864 hektare.

"Sesuai data yang kami terima luas kebakarannya mencapai 15.864 hektare. Itu artinya masih ada sekitar 200-an hektare yang belum dipadamkan," katanya.

Dansatgas menyatakan, dengan menyisahkan sekitar 200 hektare yang belum dipadamkan, pihaknya sampai saat ini belum mengurangi personil.

Personil yang masih melakukan pemadaman diantaranya TNI sebanyak 460 personil, Brimob 200 personil dan manggala agni 100 orang yang juga petugas BPBD dibantu masyarakat dan relawan.

Terkait bantuan dari negara tetangga, Makmur mengatakan bantuan itu masih dipusatkan untuk memadamkan api di Sumatera Selatan. Sebab berdasarkan data dari Satelit Terra dan Aqua dan NOAA, titik api di Provinsi Jambi terpantau sedikit.

"Untuk bantuan tersebut belum diperlukan, karena memang titik api di Jambi jauh lebih sedikit dibanding dengan Sumatera Selatan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement