Sabtu 10 Oct 2015 17:35 WIB

Jokowi: Sumbar Punya Potensi Kawasan Wisata yang Menarik

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Bayu Hermawan
Presiden RI Jokowi di Sumbar
Foto: Humas Pemprov Sumbar
Presiden RI Jokowi di Sumbar

REPUBLIKA.CO.ID, PESISIR SELATAN -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) punya banyak kawasan wisata yang menarik, seperti kawasan Wisata Bahari Mandeh di Pesisir Selatan, kawasan kota wisata di Kota Sawahlunto, Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Danau Singkarak di Kabupaten Solok.

"Kalau itu paket pariwisata, promosinya lebih mudah beberapa wilayah. Itulah tugas yang saya berikan (kepada menteri pariwisata) nanti kalau kawasan di satukan menjadi satu kawasan paket wisata Sumbar terutama ke Mandeh," katanya saat meresmikan dimulainya Pencanangan Pembangunan Wisata Mandeh, Sabtu (10/10).

Selain itu, Presiden Jokowi meminta kepada menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk menonjolkan karakter bagonjong (ciri khas rumah adat Minangkabau) di Kota Bukittinggi.

"Karena itulah kekuatan yang ada di Bukittinggi. Kalau nanti rumah Gadang-nya, begonjong-nya tidak ada, yaa untuk apa kita datang," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebab, menurutnya, turis yang datang ke sebuah daerah ingin melihat dan menikmati kebudayaannya, keindahannya, keunikannya, keramahtamahannya, kesantunannya dan sebagainya.

"Itu yang ingin dilihat oleh turis, gak ada yang lain. Mungkin dimulai tahun depan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement