Sabtu 26 Sep 2015 11:34 WIB

Atasi Kekeringan, Kodim 0609 Kerahkan Babinsa dan Koramil

Rep: C12/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Babinsa
Foto: Antara
Babinsa

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Komando Distrik Militer (Kodim) 0609 Cimahi bakal terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kekeringan di musim kemarau ini.

Selama musim kemarau ini, Kodim 0609 Cimahi mengaku telah mengerahkan anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan anggota Komando Rayon Militer (Koramil) untuk membantu mengirimkan pasokan air dari PDAM ke pemukiman masyarakat yang minim pasokan air.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0609 Cimahi Pemuda Leonard Ginting menuturkan, pihaknya akan tetap memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan air melalui Koramil dan Babinsa.

"Koramil dan Babinsa selalu turut serta menggiring pasokan air dari PDAM ataupun mobil tangki air ke desa-desa ataupun pemukiman yang membutuhkan air. Selalu kita di situ," tutur dia, Sabtu (26/9).

Melalui laporan yang datang dari masyarakat, Kodim 0609 yang wilayahnya mencakup Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi, ini ikut membantu mempermudah tugas PDAM setempat dalam pendistribusian air ke beberapa daerah yang dianggap minim pasokan air.

Menurut dia, pengelolaan dan pendistribusian air kepada masyarakat ini perlu dilakukan dengan tepat sasaran dan sistematis agar seluruh daerah yang membutuhkan air itu terbagi secara merata. "Kita lihat dulu daerah mana saja yang ketersediaan airnya minim, supaya tidak ada yang kelebihan dan kekurangan, merata," ujar dia.

Ia menambahkan, salah satu titik yang minim pasokan air yakni di Cimahi, tepatnya di pemukiman warga dekat daerah Nanjung. Di daerah itu, lanjut dia, warganya selalu mengantre untuk memperoleh air. "Itu kita bantu daerah yang butuh (air). Kita selalu koordinasi dengan PDAM," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement