Sabtu 26 Sep 2015 02:19 WIB

Aplikasi INASIS Percepat Proses Klaim BPJS Kesehatan

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Petugas memperlihatkan kartu BPJS Kesehatan elektronik identitas (e-ID) dan kartu peserta BPJS Kesehatan di kantor BPJS Medan, Sumatera Utara, Selasa (8/9).
Foto: Antara/Septianda Perdana
Petugas memperlihatkan kartu BPJS Kesehatan elektronik identitas (e-ID) dan kartu peserta BPJS Kesehatan di kantor BPJS Medan, Sumatera Utara, Selasa (8/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta dan fasilitas kesehatan yang bermitra, BPJS Kesehatan resmi meluncurkan sistem verifikasi yang terintegrasi di dalam SIM INA-CBG’s, dengan nama sistem aplikasi INA CBG’s–SEP Integrated System (INASIS).

Sistem aplikasi tersebut diharapkan mampu menjadi solusi atas kendala lambatnya proses pengajuan klaim oleh sejumlah rumah sakit karena masih menggunakan empat sistem yang berbeda, yaitu SEP, SIMRS, INA-CBG, dan verifikasi klaim.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan, keberadaan sistem INASIS menjadikan proses pengurusan SEP, diagnosis berdasarkan ketentuan INA-CBG’s, serta verifikasi data peserta BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui satu pintu.

"Ini akan mempercepat proses administrasi peserta BPJS Kesehatan yang dilakukan rumah sakit, peserta juga dapat lebih cepat memperoleh pelayanan kesehatan," katanya, Jumat, (25/9).

Aplikasi INASIS juga dapat mempercepat proses pendaftaran pasien, mempercepat proses klaim, serta berfungsi sebagai pencegahan awal re-admisi pasien rawat inap. Selain itu, melalui INASIS, pihak rumah sakit juga dapat melakukan E-Claim, yaitu pengajuan klaim tanpa harus mentransfer file.

"Kami sudah mengujicoba aplikasi INASIS di RSUP Persahabatan beberapa waktu lalu, dan hasilnya cukup menggembirakan. Sekarang proses bisnisnya sudah disederhanakan, penerbitan SEP menjadi lebih cepat sehingga mengurangi waktu antrian peserta," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement