Kamis 24 Sep 2015 16:52 WIB

Liburan Idul Adha, Penumpang Kereta Api Meningkat

Kereta Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi.
Foto: Flickr.com
Kereta Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Penumpang kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif di wilayah Daerah Operasi IX Kabupaten Jember, Jawa Timur, meningkat tajam selama libur Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah.

"Puncak kepadatan penumpang untuk libur Idul Adha terjadi pada Rabu (23/9) karena seluruh rangkaian kereta untuk jarak dekat penuh, bahkan tiket kereta jarak pendek untuk penumpang berdiri sebanyak 50 persen juga penuh," kata Manajer Humas PT Kereta Api Daerah Operasi IX Jember, Eko Sri Mulyanto, di Jember, Kamis (24/9).

Menurutnya kereta lokal KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi dan KA Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi penuh untuk keberangkatan pada Rabu (23/9), bahkan KA Pandanwangi yang menyediakan tiket berdiri sebanyak 50 persen juga penuh.

"Jumlah gerbong KA Pandanwangi sebanyak delapan gerbong dengan masing-masing gerbong terisi 104 penumpang ditambah 50 persen penumpang yang berdiri, sehingga total penumpang sebnayak 1.200 orang," tuturnya.

Selain kereta kelas ekonomi, lanjut dia, kereta kelas bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur jurusan Surabaya-Banyuwangi juga mengalami peningkatan selama libur Hari Raya Kurban itu. "Bahkan untuk rangkaian KA Mutiara Timur akan ditambah dua gerbong yang terdiri dari satu gerbong eksekutif dan satu gerbong bisnis untuk persiapan arus balik Idul Adha," paparnya.

Dia menjelaskan, penumpang terbanyak tujuan Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya, sehingga beberapa kereta seperti KA Tawangalun jurusan Malang-Banyuwangi dan KA Sritanjung juga mengalami peningkatan. PT KAI Daop IX Jember, kata dia, meningkatkan sarana dan prasarana dengan mengoptimalkan pemeriksaan, serta perawatan harian secara rutin selama libur Idul Adha 1436 Hijriyah.

"Kami juga meningkatkan pelayanan kepada penumpang pengguna jasa kereta, sehingga mereka nyaman selama perjalanan menuju ke stasiun tempat tujuan mereka," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement