Kamis 24 Sep 2015 08:03 WIB
Idul Adha

Idul Adha Perdana di Rusun Jatinegara Sepi

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Ratusan umat Islam melaksanakan shalat Idul Adha 1436 H di lapangan parkir Pulomas Jakarta, Rabu (23/9).Republika/Darmawan
Foto: Republika/Darmawan
Ratusan umat Islam melaksanakan shalat Idul Adha 1436 H di lapangan parkir Pulomas Jakarta, Rabu (23/9).Republika/Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Kampung Pulo melaksanakan ibadah shalat Idul Adha pertama kali di Rusunawa Jatinegara. Mereka menggelar sajadah di parkiran depan rusun dengan beralaskan kertas-kertas koran bekas.

"Kampung Pulo mah rame, banyak orangtua di sana," ujar Nuraidah, penghuni Rusun Jatinegara yang berasal dari Kampung Pulo RW 2 RT 13 selepas shalat Idul Adha di Parkiran depan Rusun Jatinegara, Kamis (24/9).

Solat Idul Adha ini merupakan kali pertama pelaksanaan hari besar Islam setelah pemindahan warga Kampung Pulo pada 20 Agustus Lalu. Menurut penuturan Nuraidah, suasana perayaan hari besar di tempat baru ini sangatlah berbeda.

Menurutnya, suasana Lebaran kurban kali ini begitu sepi, kumandang takbir pun tidak terdengar jelas dari dalam komplek Rusun Jatinegara tadi malam. Ia juga menjelaskan, beberapa penghuni rusun merayakan Idul Adha di Kampung Pulo karena orangtua mereka masih berada disana.

"Biasanya waktu di Pulo, shalatnya di Hermina," ujarnya.

Berbeda dengan Nuraidah, Neni warga Kampung Pulo yang sekarang tinggal di Rusun Jatinegara Gedung B lantai empat, ia tetap memilih sholat Idul Adha di Rumah Sakit Hermina.

"Pas saya ke bawah masih sepi, jadi milih ke Hermina aja, eh ternyata sekarang udah rame aja," ujar Neni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement