Rabu 23 Sep 2015 10:42 WIB

Presiden Jokowi Serahkan Kurban Dua Ekor Sapi ke Masjid Solo

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan hewan kurban dua ekor sapi kepada pengurus Masjid Agung, dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Solo. Penyerahan Hewan Kurban akan diwakili Penjabat (Pj) Wali Kota Surakarta Budi Suharto setelah Sholat Idul Adha, Kamis (24/9).

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pemkot Surakarta, Siti Anggraini Purwanti, kepada wartawan di Solo, Rabu, membenarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo juga berkurban dua ekor sapi untuk warga Kota Solo.

Ia mengatakan dua hewan kurban masing-masing seharga kurang lebih Rp50 juta itu akan diserahkan kepada panitia kurban Masjid Agung, dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran Solo. Dikatakan, hewan kurban akan diantar oleh pedagang sapi Rabu sore (23/9), akan tetapi penyerahan hewan secara simbolis akan dilakukan oleh Pj Wali Kota Budi Suharto pada Kamis (24/9), setelah Sholat Id.

Dijelaskanya sesuai jadwal Wali Kota akan menyerahkan hewan kurban dari Pemkot Surakarta kepada Masyarakat Semanggi, kemudian ke Masjid Agung menyerahkan hewan kurban Presiden Jokowi dan terakhir menyerahkan kurban Presiden di masjid Alwustho.

Hewan kurban tersebut akan disembelih hari Kamis (24/9) di halaman masjid setelah salat Idul Adha. Bagian Tata Usaha (TU) Pengurus Masjid Agung Surakarta, Muh, Alif mengakui sudah ditelepon Bagian Kesra Pemkot Surakarta, yang memberi tahu jika Jokowi akan menyerahkan hewan kurban seekor sapi ke Masjid Agung.

Ia mengakui beberapa hari lalu utusan Presiden Jokowi datang ke Masjid Agung memberi tahu jika Jokowi akan menyerahkan hewan kurban. "Ya ini yang kesekian kalinya Jokowi menyerahkan hewan kurban di Masjid Agung, baik saat menjadi Wali Kota Surakarta maupun Gubernur DKI Jakarta," katanya.

Dengan tambahan hewan kurban dari Jokowi, untuk sementara sudah ada lima ekor sapi untuk kurban dan dipastikan akan bertambah. Nantinya dagingnya itu akan dibagi-bagikan ke warga Kauman, Solo dan sekitarnya.

Pemkot Surakarta akan menyembelih empat ekor sapi untuk kurban tahun ini. Tetapi penyembelihannya berbeda dari perayaan Idul Adha sebelumnya. Tahun ini Pemkot tidak akan menyembelih kurban di Balaikota, melainkan akan dilaksanakan langsung di Lapangan Losari, Semanggi. Untuk pembagiannya, Pemkot sudah menyiapkan 3500 kupon yang dibagi ke lima Kecamatan, Siti Anggraini Purwanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement