Selasa 22 Sep 2015 08:47 WIB

Shalat Idul Adha di Tolikara akan Aman

 Lansekap Kota Tolikara, Papua, Kamis (23/7).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Lansekap Kota Tolikara, Papua, Kamis (23/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Ustaz Ali Mochtar, tokoh muslim di Karubaga, Kabupaten Tolikara mengatakan shalat Idul Adha pada pekan ini di daerah itu akan berlangsung aman dan terkendali. Keyakinan itu didapat lantaran telah ada perdamaian pascaperistiwa 17 Juli 2015.

"Kami sampaikan kepada saudara kami, baik yang ada di Papua dan nusantara ini, pelaksanaan shalat Idul Adha di Tolikara, insya Allah aman dan terkendali," katanya saat berada di Kota Jayapura, Selasa (22/9).

Ustaz Ali Mochtar berada di Kota Jayapura karena pada Senin (21/9) siang mengikuti pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Mapolda Papua guna membahas tentang shalat Idul Adha di Tolikara dan masalah kekinian Papua. Menurut dia, shalat Idul Adha pada pekan ini di Karubaga akan dibantu pelaksanaannya oleh umat Nasrani yang ada di Tolikara, sehingga soal kelancarannya dipastikan tidak akan terganggu.

"Kami dari umat Islam dan tokoh-tokoh gereja serta umat GIDI siap membantu pelaksanaan shalat Idul Adha di Tolikara, jangan takut saudara-saudara kami yang di luar Papua, ini sudah ada titik terang menuju arah perdamaian yang murni," katanya.

Dia juga mengatakan, momen perdamaian bukan saja pada jelang dan perayaan Idul Adha saja, tetapi setelah itu juga damai seterusnya seperti sedia kala akan terus tercipta di Tolikara, karena kedua pihak telah berdamai. "Momen damai sudah pasti akan selamanya, bukan saja pada saat Shalat Idul Adha," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement